SELAMAT DAN SUKSES UNTUK KALIAN SEMUA

PERAN GURU TERAMAT PENTING DALAM PENCAPAIAN PRESTASI BELAJAR

Laporan : NILAM - BELLA - MEGA
Budi Utami, S.Pd.
SMP Negeri 1 Gudo merupakan salah satu sekolah favorit para pelajar diwilayah kecamatan Gudo dan sekitamya. Sebagai sekolah dengan jumlah siswa lebih dari 700 siswa ini. SMP Negeri 1 Gudo terus berusaha menggali kemampuan para siswanya melalui berbagai macam kegiatan, baik kegiatan akademik maupun nonakademik. Masalah pendidikan merupakan masalah yang teramat penting. Kwalitas dari suatu sekolah dapat dinilai dari berbagai faktor, salah satunya yaitu Prestasi para siswa. Peran guru sebagai pendidik amat mempengaruhi prestasi siswa dalam belajar. Setiap guru memiliki beragam cara untuk memotivasi para siswanya untuk belajar.Salah satu cara tersebut dapat melalui pujian, sindiran, kritikan bahkan suatu hukuman. Hal ini dapat dijadikan siswa sebagai bahan balajar untuk mengejar ketertinggalan. Dan berusaha untuk menjadi siswa yang dapat berkembang.

Lalu bagaimana pandangan guru mengenai motivasi guru salah satu bahan bakar untuk maju.? Untuk mengetahui lebih lanjut, Bella Fresty, Nilam Indah, dan Risa Mega,Senin (29/11), berkesempatan mewawancarai Bu Budi panggilan akrab kami pada ibu Budi Utami. Bu Budi merupakan salah satu guru Biologi di SMP Negeri 1 Gudo. Yang juga mendapat julukan sebagai Guru Paling Cerewet di SMP Negeri 1 Gudo. Berikut ini cuplikan wawancara kami:

Sejak kapan ibu mengagar di SMP Negeri 1 Gudo?
Saya mengajar di SMP Negeri 1 Gudo sejak tahun 1998. Jadi,kurang lebib 12 tahun sudah saya mengajar di SMP Negeri 1 Gudo

Apakah menjadi guru adalah cita-cita ibu sejak kecil?
Tidak, waktu saya kecil, saya ingin menjadi seorang dalang. Kemudian berubah ingin menjadi Pilot. Namun setelah lulus SMA saya ingin menjadi seorang guru.

Apa hal yang memotivasi ibu untuk menjadi guru?
Karena keluarga besar mayoritas adalah seorang guru. Dan dengan menjadi guru, saya berusaha untuk mendidik anak kandung saya dengan baik.

Apa hal yang membuat ibu merasa suka dan senang menjadi guru?
Karena siswa yang selalu berganti setiap tahun, dan ada siswa yang mampu berfikir secara dinamis


Apa suka dan duka yang ibu rusakan selama menjadi guru?
Saya merasa suka dengan banyak anak yang menyenangkan. Kalau dukanya menghadapi siswa yang malas, jarang mengerjakan PR dan minat belajar yang rendah.

Apa pendapat ibu mengenai perubahan tingkah laku yang terjadi pada pelajar saat ini ?
Sangat menyedihkan, karena minat belajar siswa semakin tahun semakin berkurang.

Menurut Bu Budi, bagaimana sikap atau perilaku yang seharusnya ada di diri seorang pelajar ?
Pelajar seharusnya mencerminkan sikap ingin belajar dan selalu ingin tahu tentang perkembangan ilmu pengetahuan.


MEGA  - BELLA - NILAM
Dengan banyaknya siswa yang kurang antusias mengikuti pelajaran, apa hal yang ibu lakukan untuk menarik siswa dalam mengikuti pelajaran ?
Berusaha memberikan motivasi belajar pada anak didik dan melakukan proses pengajaran yang beragm.

Apa tanggapan ibu mengenai siswa yang sering menjuluki ibu sebagai guru cerewet ?
Saya merasa bangga dengan kecerewetan saya, itu merupakan salah satu bentuk perhatian atau kepedulian terhadap anak didik saya. Karena akan membuat siswa saya lebih baik di kemudian hari.

Apa kritik dan saran yang ingin ibu berikan pada murid didik ibu semua?
Kritik saya adalah malas dalam bertindak, sehingga jika menghadapi suata masalah tidak dapat dipecahkan. Sedangkan sarannya adalah agar anak-anak memiliki rasa ingin berkembang untuk menjadi orang yang lebih baik.(Bela, Mega, Nilam)

Bidikan Lensa di Flickr

Goyang YKS yang mengguncang SMPN 1 Gudo Rabu 28/05/2014 dalam acara pentas seni 2014.

Ekskul / Pengembangan diri:
Musik, Paduan Suara, Tari, Basket, Sepak bola, Volly, Bulu Tangkis, Drumband, Pramuka, PMR, TPA, Desain Grafis, Panembromo.

Contact:
Telp. 0321-866538
E-mail : smpnegeri1gudo@yahoo.co.id

Tips Saat Terima Ijazah dan Cap Tiga Jari